Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah admin@tahuramangkunagoro.com

DPPU Pertamina Adi Sumarmo Eksplorasi Anggrek Langka Gunung Lawu Di Tahura Mangkunagoro I

H-SAMIN / 1 Hari yang lalu / 0 Comment

 

(Gambar : Tim Ekplorasi Anggrek di kawasan hutan Tahura KGPAA Mangkunagoro I)

Dalam rangka upaya konservasi anggrek langka Gunung Lawu, PT Pertamina Patra Niaga DPPU Adi Sumarmo bekerjasama dengan Balai Tahura KGPAA Mangkunangoro I selaku instansi yang berwenang pada kawasan konservasi Gunung Lawu serta melibatkan juga dari Yayasan Generasi Biologi Indonesia. Upaya tersebut dimulai dengan kegiatan eksplorasi flora anggrek selama tiga hari dari hari Rabu-Jumat, tanggal 9-11 Agustus 2023.

Sasaran lokasi yang dilakukan eksplorasi meliputi kawasan hutan primer dan sekunder jalur pendakian Gunung Lawu via Tambak. Tujuan kegiatan eksplorasi anggrek ini diantaranya untuk pendataan jenis-jenis anggrek yang ada di kawasan Gunung Lawu sebagai upaya konservasi spesies lokal, upaya mitigasi kehilangan spesies akibat adanya perburuan liar anggrek dan pengoleksian beberapa spesies anggrek untuk Green House Tahura. Adapun Green House di Balai Tahura KGPAA Mangkunegoro I juga merupakan bantuan CSR dari DPPU Adi Sumarmo. Selain DPPU Adi Sumarmo juga membantu dalam penyediaan bangunan laboratorium kultur jaringan lengkap dengan alat dan bahannya. Sehingga semuanya memang disiapkan dalam satu paket guna melestarikan anggrek langka Gunung Lawu.

Adapun hasil kegiatan eksplorasi hari pertama dari jalur kawasan hutan sekunder diperoleh 35 spesies anggrek diantaranya 2 spesies endemic jawa, kegiatan hari kedua menuju hutan primer berhasil mendata tambahan spesies sebanyak 14 dan 1 jenis endemic sehingga total hari kedua tercatat 50 spesies anggrek, hari ketiga masih menyusuri jalur hutan primer dan terdata sebanyak 14 spesies yang berbeda dari hari pertama dan kedua serta 4 jenis endemic baru. Total spesies anggrek yang berhasil ditemukan selama eksplorasi yaitu 64 spesies diantaranya 7 spesies endemik jawa dan langka. Anggrek-anggrek ini terdiri dari kelompok anggrek tanah, epifit, saproit, maupun litofit.

Eksplorasi juga sekaligus bertujuan untuk mengoleksi beberapa spesies untuk dilakukan perbanyakan secara in vitro dengan kultur jaringan di laboratorium Kultur Jaringan Tahura KGPAA Mangkunagor I. 29 spesies anggrek dikoleksi di Green House hasil kerjasama PT Pertamina Patra Niaga DPPU Adi Sumarmo dengan Tahura KGPAA Mangkunagoro I. Saat ini anggrek-anggrek koleksi tersebut telah dipamerkan untuk bahan edukasi kepada pengunjung dan juga sebagai sumber plasma nutfah budidaya anggrek di Tahura KGPAA Mangkunagoro.

Hasil eksplorasi ini selanjutnya akan diteruskan dengan kegiatan inovasi perbanyakan anggrek secara in vivo sehingga keberadaan anggrek di habitat alaminya terus terjaga. Hal ini menjadi fokus kegiatan Pertamina karena keberadaan anggrek sangat penting bagi ekosistem hutan, sebagai penyeimbang jaring makanan serta indikator kondisi kesehatan hutan. Dengan menjaga anggrek secara tidak langsung berkontribusi menjaga eksistensi inang dan habitat anggrek yang berupa pohon-pohon peneduh. Pohon terjaga, hutan terus lestari.

“DPPU Adi Sumarmo berkomitmen terlibat dalam upaya konservasi flora di Kawasan Gunung Lawu, hal ini sudah kami lakukan selama dua tahun ini bersama multistakeholder dan akan terus kami upayakan untuk berkelanjutan,” ungkap I Ketut Mertha selaku operation head DPPU Adi Sumarmo.


Hutan Wisata Di Karanganyar Jawa Tengah